Nim | : | 408200027 |
Nama | : | ANIH NOVIANTI |
Prodi | : | Diksatrasiada |
Pembimbing 1 | : | Trisnawati, M.Pd. |
Pembimbing 2 | : | Nanang Maulana, M.Pd |
Tanggal | : | 24 November 2024 |
Anih Novianti (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TPACK terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri Malingping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Malingping dengan menggunakan media pembelajaran berbantuan aplikasi Canva; 2) kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Malingping menggunakan media pembelajaran berbantuan aplikasi PixelLab. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dan siswa kelas X tahun pelajaran 2023/2024 sebagai populasi. Teknik sampel menggunakan random sampling. Sampel yang diambil yaitu kelas X-E6 dan kelas X-E10 dengan jumlah 74 siswa. Adapun hasil perhitungan post-test dengan menggunakan aplikasi Canva diperoleh nilai Mean = 81,42, Median (Me) = 80,00, Varian = 76,088 dan standar deviasi = 8,723. Sedangkan untuk nilai post-test kelas kontrol menggunakan aplikasi PixelLab yaitu, Mean = 67,69, Median = 68,00, Varian = 92,961 dan standar deviasi = 9,642. Berdasarkan data di atas dapat dikatakan bahwa media pembelajaran berbantuan aplikasi Canva dinyatakan baik, sedangkan media pembelajaran berbantuan aplikasi PixelLab dinyatakan cukup. Dari hasil data di atas dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif penggunaan media pembelajaran berbantuan aplikasi Canva terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Malingping.
Kata kunci: Media, Menulis, Teks Anekdot.