Repository Mahasiswa - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP
Nim : 407200026
Nama : GINA SONIA
Prodi : Pendidikan Matematika
Pembimbing 1 : Dr. Ika Meika, S.Si., M.Pd.
Pembimbing 2 : Rusdian Rifa'i, M.Pd.
Tanggal : 23 November 2024
Abstrak

ABSTRAK

Gina Sonia (2024). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP.

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan mengenai rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa SMP yang ditandai dengan siswa kesulitan dalam mengerjakan soal yang berbeda dari yang dicontohkan gurunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran project based learning dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kontekstual. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Wanasalam sebanyak 2 kelas yang dipilih secara acak atau Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Tes yang digunakan berupa tes tipe uraian. Berdasarkan hasil analisis data hasil penelitian di peroleh kesimpulan: Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran kontesktual. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran project based learning lebih baik dari pada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kontesktual. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yaitu dengan menggunakan uji Mann-Whitney Test dari hasil data N-Gain score bahwa hasil yang diperoleh nilai Asymp Sig 0,005 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan implementasi model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP.

 

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Model Pembelajaran Project Based Learning.

 

 

  1. mahjong ways gacor
  2. agen link gacor
  3. demo slot
  4. pg soft gacor
  5. situs toto
  6. link slot gacor
  7. situs slot gacor
  8. slot online gacor
  9. slot resmi
  10. link gacor terbaik
  11. slot gacor resmi
  12. situs gacor hari ini
  13. situs gacor hari ini
  14. slot maxwin
  15. slot maxwin