IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP
Nim : 407200026
Nama : GINA SONIA
Prodi : Pendidikan Matematika
Pembimbing 1 : Dr. Ika Meika, S.Si., M.Pd.
Pembimbing 2 : Rusdian Rifa'i, M.Pd.
Tanggal : 23 November 2024
Abstrak

ABSTRAK

Gina Sonia (2024). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP.

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan mengenai rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa SMP yang ditandai dengan siswa kesulitan dalam mengerjakan soal yang berbeda dari yang dicontohkan gurunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran project based learning dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kontekstual. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Wanasalam sebanyak 2 kelas yang dipilih secara acak atau Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Tes yang digunakan berupa tes tipe uraian. Berdasarkan hasil analisis data hasil penelitian di peroleh kesimpulan: Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran kontesktual. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran project based learning lebih baik dari pada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kontesktual. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yaitu dengan menggunakan uji Mann-Whitney Test dari hasil data N-Gain score bahwa hasil yang diperoleh nilai Asymp Sig 0,005 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan implementasi model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP.

 

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Model Pembelajaran Project Based Learning.

 

 

Kelola hasil kemenangan kamu lebih bijak menggunakan aplikasi keuangan pintar terbaik yang bisa bantu catat dan atur cash flow secara efisien.

Isi saldo game favoritmu hanya di cantopup tempat terpercaya dan cepat untuk semua jenis top up game.

Salah satu cara paling praktis adalah cara top up FF pakai QRIS langsung dari HP tanpa perlu login ribet-ribet.

link slot gacor

Link SlotMIGO88Terbaru Paling Update Pasti Bisa Masuk

Situs APK Bonus Saldo Untuk Bermain Slot Gacor Maxwin Paling Terbaru Dari MIGO88 Yang Pasti Tidak Akan Mengecewakan Anda.

Situs slot gacor terbaik dengan optimasi paling mantap untuk semua permainan slot online dengan provider resmi yang dapat memuaskan anda hanya di MIGO88 yang telah dipercayai oleh para pemain sejak tahun 1997

Link situs slot gacor resmi andalan para pemain yang mengincar kemenangan dengan modal yang receh tanpa setting.

homescontents
homescontents