Nim | : | 407200006 |
Nama | : | IRNA IRYANI |
Prodi | : | Pendidikan Matematika |
Pembimbing 1 | : | Dr. Nenden Suciyati Sartika, M.Pd |
Pembimbing 2 | : | Eka Rosdianwinata, M.Pd. |
Tanggal | : | 23 November 2024 |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran PBL dengan pendekatan metakognisi dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kuantitatif melalui tujuh tahapan: merumuskan masalah, studi pustaka, pengajuan hipotesis, menentukan metode, menyusun instrumen penelitian, mengumpulkan dan menganalisis data serta kesimpulan. Berdasarkan hasil uji analisis hipotesis kemampuan komunikasi matematis menggunakan uji t independent didapat nilai sig.(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dengan pendekatan metakognisi dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil dari rata-rata N-Gain kemampuan komunikasi matematis adalah 0,5454 sehingga dinyatakan bahwa kelas Problem Based Learning memiliki peningkatan dengan klasifikasi sedang.
Kata kunci: Problem Based Learning, pendekatan metakognisi, komunikasi matematis