Repository Mahasiswa - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Penerapan model problem based learning (PBL) dengan pendekatan metakognisi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa
Nim : 407200006
Nama : IRNA IRYANI
Prodi : Pendidikan Matematika
Pembimbing 1 : Dr. Nenden Suciyati Sartika, M.Pd
Pembimbing 2 : Eka Rosdianwinata, M.Pd.
Tanggal : 23 November 2024
Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran PBL dengan pendekatan metakognisi dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kuantitatif melalui tujuh tahapan: merumuskan masalah, studi pustaka, pengajuan hipotesis, menentukan metode, menyusun instrumen penelitian, mengumpulkan dan menganalisis data serta kesimpulan. Berdasarkan hasil uji analisis hipotesis kemampuan komunikasi matematis menggunakan uji t independent didapat nilai sig.(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dengan pendekatan metakognisi dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil dari rata-rata N-Gain kemampuan komunikasi matematis adalah 0,5454 sehingga dinyatakan bahwa kelas Problem Based Learning memiliki peningkatan dengan klasifikasi sedang.   

 

Kata kunci: Problem Based Learning, pendekatan metakognisi, komunikasi matematis

  1. mahjong ways gacor
  2. agen link gacor
  3. demo slot
  4. pg soft gacor
  5. situs toto
  6. link slot gacor
  7. situs slot gacor
  8. slot online gacor
  9. slot resmi
  10. link gacor terbaik
  11. slot gacor resmi
  12. situs gacor hari ini
  13. situs gacor hari ini
  14. slot maxwin
  15. slot maxwin
  16. rtp live