Nim | : | 407200020 |
Nama | : | INTAN NURAENI |
Prodi | : | Pendidikan Matematika |
Pembimbing 1 | : | Dr. Asep Sahrudin, M.Pd |
Pembimbing 2 | : | Ika Yunitasari, M.Pd. |
Tanggal | : | 23 November 2024 |
ABSTRAK
Intan Nuraeni (2024). Analisis Kemampuan Spasial Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri pada Kelas IX Ditinjau dari Gender.
Kemampuan spasial matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan spasial akan memudahkan siswa dalam proses pembelajaran Geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan spasial matematis siswa MTs MA Bolang ditinjau dari gender dalam menyelesaikan masalah geometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan berdasarkan kemampuan spasial matematis ditinjau dari perbedaan gender. Instrumen dalam penelitian terdiri dari soal tes sebagai instrumen utama yang diikuti dengan pedoman wawancara dan alat perekam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan wawancara. Teknik analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki dan siswa perempuan, keduanya dapat melalui tahapan-tahapan indikator kemampuan spasial yaitu dapat menyatakan kedudukan antar unsur-unsur suatu bangun ruang, mengidentifikasi dan mengklasifikasikan gambar geometri, membayangkan bentuk atau posisi suatu objek geometri yang dipandang dari sudut tertentu, mengonstruksi dan mempresentasikan model-model geometri yang di gambar pada bidang datar dalam konteks ruang, dan dapat menginvestigasi suatu objek geometri. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan spasial matematis siswa laki-laki lebih baik dibandingkan siswa perempuan, siswa laki-laki lebih cepat ketika berpikir spasial. Sedangkan perempuan penuh dengan kehati-hatian dan lebih teliti dari siswa laki-laki yang akan membutuhkan waktu lebih lama.
Kata kunci: Kemampuan spasial matematis, geometri, gender.