Repository Mahasiswa - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Penerapan MODEL Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs MA Binuangeun
Nim : 407200023
Nama : LUSIANA SOPRANI JUNIAR
Prodi : Pendidikan Matematika
Pembimbing 1 : Dr. Nenden Suciyati Sartika, M.Pd
Pembimbing 2 : Eka Rosdianwinata, M.Pd.
Tanggal : 22 November 2024
Abstrak

ABSTRAK

 

Lusiana Soprani Juniar (NIM:407200023). 2024. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTS MA Binuangeun.

 

Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pembelajaran matematika disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya dalam proses pembelajaran yang lebih dominan berpusat pada guru, sehingga siswa cenderung pasif, serta belum adanya kerjasama antara sesama siswa. Oleh karena itu, model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik adalah salah satu alternatif yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs MA Binuangeun tahun ajaran 2024/2025. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs MA Binuangeun setelah mendapatkan pembelajaran melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik pada materi pola bilangan. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs MA Binuangeun, sebagai sampel diambil dua kelas yaitu kelas VIII-A sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebanyak 20 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data kemampuan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan instrumen berupa tes uraian sebanyak 5 soal. Sedangkan pengolahan data menggunakan statistik uji-t dua pihak. Berdasarkan uji-t dengan taraf signifikan = 0,05 diperoleh nilai signifikasi 0,000 Karena nilai probabilitasnya lebih kecil dari 0,05 maka berdasarkan kriteria

pengambilan keputusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut menunjukkkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa MTs MA Binuangeun dengan peningkatan sebesar 0,57 yang termasuk pada kategori peningkatan sedang.

 

Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis Siswa, Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik.

  1. mahjong ways gacor
  2. agen link gacor
  3. demo slot
  4. pg soft gacor
  5. situs toto
  6. link slot gacor
  7. situs slot gacor
  8. slot online gacor
  9. slot resmi
  10. link gacor terbaik
  11. slot gacor resmi
  12. situs gacor hari ini
  13. situs gacor hari ini
  14. slot maxwin
  15. slot maxwin
  16. rtp live