Nim | : | 408200028 |
Nama | : | SITI HAYANAH |
Prodi | : | Diksatrasiada |
Pembimbing 1 | : | Nanang Maulana, M.Pd |
Pembimbing 2 | : | Yaser Arapat, M.Pd. |
Tanggal | : | 22 November 2024 |
Siti Hayanah (2024). Pengaruh Media Komik terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Cijaku.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media komik terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cijaku tahun pelajaran 2024/2025. Kemampuan menulis cerpen merupakan aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas, imajinasi, dan kemampuan berbahasa siswa. Namun, seringkali siswa mengalami kesulitan dalam menulis cerpen, terutama dalam menemukan ide cerita, mengembangkan plot, dan mengolah bahasa dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Control Group Pre-Test Post-Test Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cijaku yang berjumlah 123 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling, sehingga terpilih kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-4 sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 30 siswa. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media komik, sementara kelas kontrol menggunakan media gambar seri. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test kemampuan menulis cerpen. Analisis data menggunakan uji t-test independen untuk melihat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan media komik terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cijaku. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yang menggunakan media komik (78,36) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan media gambar seri (64,46) dan nilai t hitung adalah 8,620 dan t tabel adalah 1,684 dengan tingkat signifikan α = 0,05. nilai t hitung > dari t tabel, maka berdasarkan kriteria untuk pengujian hipotesis H0 ditolak dah H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa media komik lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa dibandingkan dengan media gambar seri. Penelitian ini memiliki implikasi penting bagi guru bahasa Indonesia dalam memilih media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa. Media komik dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan motivasi, minat, dan keterampilan menulis siswa. Selain itu, penelitian ini juga memberikan rekomendasi bagi sekolah untuk menyediakan media pembelajaran yang inovatif dan menarik bagi siswa, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan.
Kata kunci: Kemampuan Menulis, Cerita Pendek, Media Komik