Nim | : | 407200017 |
Nama | : | SALU SILVIA |
Prodi | : | Pendidikan Matematika |
Pembimbing 1 | : | Dr. Asep Sahrudin, M.Pd |
Pembimbing 2 | : | Deni Pratidiana, M.Pd |
Tanggal | : | 22 November 2024 |
Salu Silvia (NIM: 407200017). 2024. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Trigonometri Siswa Kelas X SMK IT Bolang.
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya variasi pengajaran yang dilakukan, serta rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SMK IT Bolang tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK IT Bolang . Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AP 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan peneliti adalah tes kemampuan komunikasi matematika siswa dengan jumlah soal sebanyak 5 soal dengan bentuk uraian, dimana sebelumnya soal tersebut sudah dilakukan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda serta di uji cobakan terlebih dahulu dan soal tersebut dinyatakan layak digunakan. Analisis data yang digunakan yaitu uji perbedaan dua rerata yang sebelumnya dilakukan prasyarat uji normalitas dan homogenitas. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan paparan data, temuan peneliti, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi trigonometri SMK IT Bolang. Dengan kata lain kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Selain itu dapat terlihat bahwa aktivitas siswa pada model pembelajaran problem Based Learning menunjukkan bahwa siswa aktif dalam pembelajaran baik sebelum dan sesudah pembelajaran.
Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Problem Based Learning, Aktivitas Siswa.