Repository Mahasiswa - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament  (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK
Nim : 407200011
Nama : NADILA USWATHUN
Prodi : Pendidikan Matematika
Pembimbing 1 : Rusdian Rifa'i, M.Pd.
Pembimbing 2 : Deni Pratidiana, M.Pd
Tanggal : 22 November 2024
Abstrak

ABSTRAK

Nadila Uswathun (2024). Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament  (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya fakta dilapangan yang menunjukan kemampuan komunikasi matematis siswa yang masih tergolong rendah. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ A sebagai kelas eksperimen dan siswa X TKJ B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Sedangkan analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan uji Mann-Whitney.Berdasarkan hasil uji coba hipotesis dan uji N-gain dapat di ambil kesimpulan bahwa: 1).Terdapat peningkatan yang signifikan antara rata-rata kemampuan komunikasi matematis antara siswa kelas eksperimen menggunakan model Teams Games Tournament dan kelas kontrol menggunakan model konvensional dikarenakan  dapat dilihat bahwa taraf signifikansi yang diperoleh dari uji Mann-Whitney adalah 0,004 ini berarti pada taraf signifikansi a < 0.05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. 2).Berdasarkan hasil perhitungan uji N-gain score menunjukan bahwa nilai rata-rata n-gain untuk kelas eksperimen adalah sebesar 59.39% termasuk dalam kategori cukup efektif. Dengan nilai N-gain score minimal 42.11% dan maksimal 88.89%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMK.

Kata Kunci: Model Pembelajaran TGT, Kemampuan Komunikasi Matematis, Siswa SMK

 

  1. mahjong ways gacor
  2. agen link gacor
  3. demo slot
  4. pg soft gacor
  5. situs toto
  6. link slot gacor
  7. situs slot gacor
  8. slot online gacor
  9. slot resmi
  10. link gacor terbaik
  11. slot gacor resmi
  12. situs gacor hari ini
  13. situs gacor hari ini
  14. slot maxwin
  15. slot maxwin
  16. rtp live