Repository Mahasiswa - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Kelas XI di SMA Negeri 9 Pandeglang Tahun Ajaran 2023/2024
Nim : 435190004
Nama : HANA FATIMAH
Prodi : Bimbingan dan Konseling
Pembimbing 1 : Muhamad Ikhsan, M.Pd.
Pembimbing 2 : Devi Nurul Fikriyani, M.Pd
Tanggal : 21 November 2024
Abstrak

Hana Fatimah (2024). Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa (Penelitian Quasi Eksperimen pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Pandeglang Tahun Ajaran 2023/2024).

Self esteem adalah “personal judgement” mengenai perasaan berharga atau berarti yang diekspresikan dalam sikap-sikap individu terhadap dirinya. Tingkat self esteem individu dapat dikelompokkan menjadi 3 Kategori yaitu harga diri tinggi, sedang dan rendah. Siswa di tuntut untuk mencapai tugas-tugas perkembangan sehingga dapat tercapai perkembangan yang optimal, salah satu faktor yang menunjang siswa dalam mencapai tugas perkembangan nya yaitu memiliki self esteem (harga diri) yang tinggi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training untuk meningkatkan self esteem siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis quasi eksperimental Design. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 9 Pandeglang yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan bimbingan kelompok menggunakan teknik assertive training dan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket self esteem yang disusun oleh peneliti sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan perlakuan  terdapat perbedaan skor rata-rata pre test dan post test. Pengujian hipotesis menggunakan hasil uji T. Sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Interpretasi yang dapat disimpulkan yakni adanya perbedaan skor self esteem kelas kontrol dan eksperimen. Dengan demikian dapat dimaknai bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

           

Kata Kunci : Self Esteem, Bimbingan Kelompok, Assertive Training

  1. mahjong ways gacor
  2. agen link gacor
  3. demo slot
  4. pg soft gacor
  5. situs toto
  6. link slot gacor
  7. situs slot gacor
  8. slot online gacor
  9. slot resmi
  10. link gacor terbaik
  11. slot gacor resmi
  12. situs gacor hari ini
  13. situs gacor hari ini
  14. slot maxwin
  15. slot maxwin
  16. rtp live