Nim | : | 435190011 |
Nama | : | AAL AL-FAQIH |
Prodi | : | Bimbingan dan Konseling |
Pembimbing 1 | : | Muhamad Ikhsan, M.Pd. |
Pembimbing 2 | : | Vasco Delano, M.Pd |
Tanggal | : | 21 November 2024 |
Aal Al Faqih (2023). "Hubungan Konsep Diri dengan Konformitas Teman Sebaya Dalam Kegiatan Belajar Siswa". (Studi Korelasi Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Jawilan).
Konsep diri memegang peranan penting dalam perilaku Konformitas, karena siswa yang memiliki tingkat konsep diri positif tinggi tidak akan memiliki kekhawatiran yang besar terhadap penilaian dan pemahaman tentang dirinya. Sehingga perilaku konformitas yang dimiliki siswa adalah konformitas yang bersifat positif. Penelitian ini bertujuan untukmenguji hubungan antara konsep diri dengankonformitas teman sebaya dalam kegiatan belajar pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Jawilan. Denganmenggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, penelitian ini melibatkan 71 siswa yang dipilih secaraacak. Hasil analisis menunjukkan adanya korelasipositif yang signifikan antara konsep diri dengankonformitas (r = 0,548; p < 0,05). Temuan inimengindikasikan bahwa semakin tinggi konsep dirisiswa, semakin tinggi pula tingkat konformitasnya. Hal ini menunjukkan bahwa siswa dengan konsep diripositif cenderung lebih mudah menyesuaikan diridengan lingkungan sosialnya.
Kata Kunci : Konsep diri, konformitas