Nim | : | 435190010 |
Nama | : | INDA YANI |
Prodi | : | Bimbingan dan Konseling |
Pembimbing 1 | : | Devi Nurul Fikriyani, M.Pd |
Pembimbing 2 | : | Vasco Delano, M.Pd |
Tanggal | : | 16 November 2024 |
Kematangan karir sebagai kesiapan dan kemampuan individu untuk merencanakan dan mencari informasi mengenai pilihan karir yang sesuai dengan dirinya, sehingga akhirnya mampu memilih karir yang akan dijalaninya. Siswa Sekolah Menengah Atas ditunut untuk dapat memahami diri dan passionnya. Pemahaman dan pengertian terhadap diri sendiri sangatlah penting agar masa depan siswa dapat mulai dibangun, utamanya sejak SMA, seharusnya siswa sudah mendapatkan cukup gambaran untuk menata hidup mereka ditaraf yang lebih serius. Salah satu faktor yang menunjang siswa untuk meraih masa depan yang cerah dan gemilang adalah dengan memiliki kematangan karir yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas bimbingan karir untuk meningkatkan kematangan karir siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis quasi eksperimental design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 2 Banjarsari yang berjumlah 112 siswa. Kemudian sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan treatment dengan layanan bimbingan karir dan kelompok kontrol tidak diberikan layanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket kematangan karir yang disusun oleh peneliti sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji T.
Layanan bimbingan karir untuk meningkatkan kematangan siswa, dapat dilihat dari hasil uji t diperoleh Asymp. Sig adalah 0,000 < 0,05. Interpretasi yang dapat disimpulkan yakni adanya perbedaan skor kematangan karir kelas kontrol dan eksperimen. Dengan demikian dapat dimaknai bahwa bimbingan karir efektif untuk meningkatkan kematangan karir siswa kelas XI SMA Negeri 2 Banjarsari.
Kata Kunci : Kematangan Karir, Bimbingan Karir