Nim | : | 407190005 |
Nama | : | APEN SUPENDI |
Prodi | : | Pendidikan Matematika |
Pembimbing 1 | : | Dr. Asep Sahrudin, M.Pd |
Pembimbing 2 | : | Asep Sujana, S.Si., M.Pd |
Tanggal | : | 29 Oktober 2023 |
Apen Supendi (2023). “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII di Mts Negeri 2 Lebak”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mathla’ul Anwar Banten.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur dan tingkat validitas pengembangan, serta mengetahui evektifitas modul pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi bilangan bulat kelas VII di MTs Negeri 2 Lebak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahannya kurikulum dari kurikulum darurat menjadi kurikulum Merdeka yang mana setiap guru mata pelajaran direkomendasikan untuk membuat modul pembelajaran untuk siswanya selain itu rendahnya hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal dalam kemampuan pemecahan masalah pada materi bilangan bulat di kelas VII . Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik yang diawali dengan melakukan analisis sampai uji coba produk dan mengevaluasi kelayakan produk. Berdasarkan hasil analisis pengembangan modul pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi bilangan bulat di kelas VII MTs Negeri 2 Lebak pada uji validitas dengan persentase ahli materi 77,3% dan ahli bahasa 75% dinyatakan valid. Rata-rata persentase Expert Review 76,15% kategori baik atau valid. Hal ini menunjukan bahwa Modul yang dikembangkan telah memenuhi aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, kegrafikan, kesesuaian dengan Kemampuan Pemecahan masalah pada materi bilangan bulat di kelas VII MTs Negeri 2 Lebak dinyatakan baik dan efektif digunakan pada uji coba pengguna.
Kata Kunci : Pengembangan Modul, Kemampuan Pemecahan Masalah, Bilangan Bulat.