ANALISIS PENGGUNAAN DIKSI DAN GAYA BAHASA DALAM BUKU BIOGRAFI MOHAMMAD HATTA (HIDUP JUJUR DAN SEDERHANA UNTUK INDONESIA) SERTA PEMANFAATANYA SEBAGAI BAHAN AJAR BIOGRAFI DI SMA
Nim : 408190030
Nama : DIKI SETIABUDI
Prodi : Diksatrasiada
Pembimbing 1 : Henri Henriyan Al Gadri, S.Pd., M.Pd.
Pembimbing 2 : Yaser Arapat, M.Pd.
Tanggal : 27 Oktober 2023
Abstrak

ABSTRAKS

DIKI SETIABUDI (2023). Analisis Diksi dan Gaya Bahasa dalam Buku Biografi Mohammad Hatta Hidup Jujur dan Sederhana Untuk Indonesia Serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan ajar Biografi di SMA. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mathla’ul Anwar Banten, 2023.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan diksi yang digunakan dalam buku biografi Mohamad Hatta karya Anom Wahani Wicaksana (2) untuk mendeskripsikan gaya bahasa yang digunakan pengarang dalam buku biografi. Penelitian ini bersifat kualitatif. Objek dalam penelitian ini yaitu buku biografi  karya Anom Wahani Wicaksan. Sumber data dalam penelitian ini adalah biografi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat. Validitas yang digunakan adalah triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode baca catat dengan menggunakan teknik analisis isi (content analisys). Aktivitas dalam analisis data, yaiutu data reduction, data display, dan conclusion drawing atau verivication. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam biografi Mohammad Hatta  menggunakan beberapa diksi dan gaya bahasa. Diksi yang terdapat dalam biografi Mohammad Hatta  yaitu me1iputi: (1) Diksi denotstif, (2) Konotatif (3) kata abstrak. 4, kata konkret. Gaya bahasa yang digunakan dalam biografi Mohammad Hatta  yaitu: (1) gaya bahasa hiperbola, (2) gaya bahasa personifikasi, (3) gaya bahasa metafora, dan (4) gaya bahasa eponim. Gaya bahasa yang paling dominan dipakai dalam biografi Mohammad Hatta  yaitu gaya bahasa personifikasi. Hal tersebut disebabkan karena Biografi Mohammad Hatta ingin menyampaikan amanat yang sangat bermanfaat bagi para pembaca dengan menghidupkan isi cerita di dalamnya, sehingga cerita dapat menjadi lebih hidup dan menambah variasi serta menghindari hal-hal yang bersifat monoton yang dapat membuat pembaca bosan.
Berdasrkan hasil analisis biografi dapat dijadikan sebagai bahan ajar, sebab pada pembelajarn sastra mengutamakan pemanfaatan dari biografi tokoh yng mendunia di Indonesia yang dapat memotivasi peserta didik dan menarik untuk dijadikn sebagai bahan ajar dan mudah dipahami kerena penggunaan diksi dan gaya bahasanya yang tepat sehingga mudah untuk dicerna.

Kata kunci: Diksi dan Gaya Bahasa,