Nim | : | 435190009 |
Nama | : | NUNUNG SUMARNI |
Prodi | : | Bimbingan dan Konseling |
Pembimbing 1 | : | Muhamad Ikhsan, M.Pd. |
Pembimbing 2 | : | Devi Nurul Fikriyani, M.Pd |
Tanggal | : | 26 Oktober 2023 |
Nunung Sumarni (2023). Pendekatan Konseling Realitas Untuk Mereduksi Learned Helplessness Siswa (Studi Eksperimental pada Siswa Kelas IX di SMPN 2 Sobang Tahun Ajaran 2023/2024).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum learned helplessness siswa kelas IX SMPN 2 Sobang Tahun Ajaran 2023/2024, serta untuk mengetahui efektifitas layanan konseling realitas menggunakan seting konseling kelompok untuk mereduksi learned helplessness siswa. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode kuantitatif model nonequivalent control group design, dengan membandingkan dua anggota kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok sama-sama diberikan pre-test dan pos-test namun pada kelompok eksperiment diberikan treatment konseling realitas dan kelompok kontrol tidak diberikan treatment. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa skor learned helplessness siswa berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil layanan konseling realitas menunjukan aspek internal dan eksternal dapat mempengaruhi individu pada setiap dimensinya. Konseling realitas menekankan pada kondisi saat ini, penerimaan diri dan tanggung jawab. Pada tahap analisis data diperoleh hasil penelitian dengan kesimpulan layanan konseling realitas efektif untuk mereduksi learned helplessness siswa kelas IX SMPN 2 Sobang Tahun Ajaran 2023/2024.
Kata Kunci : Learned helplessness, Konseling Realitas, Konseling Kelompok