PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN APLIKASI FLIPHTML5 PADA MATERI VEKTOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 5 PANDEGLANG
Nim : 407190012
Nama : LISAH PUSPITASARI
Prodi : Pendidikan Matematika
Pembimbing 1 : Rusdian Rifa'i, M.Pd.
Pembimbing 2 : Deni Pratidiana, M.Pd
Tanggal : 26 Oktober 2023
Abstrak

Lisah Puspitasari (NIM: 407190012). 2023. Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi FlipHTML5 Pada Materi Vektor Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMK Negeri 5 Pandeglang.
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya variasi pengajaran yang dilakukan dimana pengajaran masih menggunakan buku cetak, serta rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMKN 5 Pandeglang tahun ajaran 2023/2024. Untuk mengetahui pengembangan E-Modul menggunakan aplikasi FlipHTML5 pada materi vektor kelas XI SMK Negeri 5 Pandeglang serta untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan E-Modul menggunakan aplikasi FlipHTML5 pada materi vektor kelas XI SMK Negeri 5 Pandeglang yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Untuk menghasilkan produk pengembangan E-Modul menggunakan aplikasi FlipHTML5, peneliti mengacu pada model ADDIE dengan lima tahap pengembangan yaitu Tahap Analisis (Analyze), Tahap Desain (Design), Tahap Pengembangan (Development), Tahap Implementasi (Implementatio) dan Tahap Evaluasi (Evaluatio).Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 5 Pandeglang. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL. Untuk mengetahui validitas dari produk yang dikembangkan, peneliti memberikan lembar validasi kepada keempat validator, yaitu ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan ahli mata pembelajaran. Hasil dari validasi produk oleh tim validator, masing – masing memperoleh persentase 87.5 %, 82.5% , 91,6%dan 94,4 % dengan rata – rata skor persentase 89 % kategori sangat valid. Untuk uji praktikalitas, peneliti memberikan angket respon kepada guru mata pelajaran matematika dengan perolehan skor persentase pada setiap aspek yaitu, aspek tampilan 83.3%, aspek penyajian isi 79,2% dan aspek manfaat 75% serta memperoleh rata-rata skor persentase 80% dengan kategori praktis. Selain itu peneliti juga memberikan angket respon kepada peserta didik kelas XI SMKN 5 Pandeglang dengan perolehan skor persentase pada setiap aspek yaitu aspek tampilan 90,13 %, aspek penyajian isi 89,08 % dan aspek manfaat 91,11 % serta memperoleh rata – rata skor persentase 90.11 % dengan kategori sangat praktis. Hasil tes kemampuan pemahaman matematika peserta didik diperoleh persentase 85.72% dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji validitas, praktikalitas dan tes kemampuan pemahaman matematika yang diperoleh pada pengembangan E- Modul dapat menjadi bahan ajar yang dapat digunakan karena telah memperoleh kategori sangat valid, sangat praktis dan hasil tes kemampuan pemahaman matematika dengan kategori tinggi.

Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Pengembangan, Bahan Ajar, Aplikasi FliPHTML5, Materi Vektor.