Nim | : | 407190008 |
Nama | : | IMAS |
Prodi | : | Pendidikan Matematika |
Pembimbing 1 | : | Dr. Ratu Mauladaniyati, M.Pd |
Pembimbing 2 | : | Dr. Nenden Suciyati Sartika, M.Pd |
Tanggal | : | 26 Oktober 2023 |
Imas (407190008), Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan
Pemahaman Konsep Matematis Ditijau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa
SMP.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan tentang kurangnya kemampuan
siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dalam bentuk soal yang lebih
menekankan pada pemahaman konsep matematis suatu pokok bahasan tertentu.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa yang belajar menggunakan model Discovery Learning
dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. (2) Mengetahui
perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki
kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah. (3) Mengetahui pengaruh interaksi
antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa. Metode penelitian ini merupakan quasi
eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII
SMPN 6 Malingping sebanyak dua kelas yang di pilih secara acak. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes yang digunakan berupa tes tipe
uraian. Berdasarkan hasil analisis data hasil penelitian di peroleh kesimpulan : (1)
Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang
belajar menggunakan model Discovery Learning dengan siswa yang belajar
menggunakan model pembelajaran langsung. (2) Terdapat perbedaan kemampuan
pemahaman konsep matematis ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa.
(3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model Discovery Learning terhadap
kemampuan pemahaman konsep matematis.
Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep, Model Discovery Learning, Model
Pembelajaran , Aktivitas siswa