Nim | : | 408190036 |
Nama | : | LINA MARLINA |
Prodi | : | Diksatrasiada |
Pembimbing 1 | : | Trisnawati, M.Pd. |
Pembimbing 2 | : | Henri Henriyan Al Gadri, S.Pd., M.Pd. |
Tanggal | : | 24 Oktober 2023 |
ABSTRAK
LINA MARLINA. (2023). Analisis Makna dan Nilai Pendidikan pada Kidung
Ahsanul Qishos Karya Ahmad Toha serta Pemanfaatannya sebagai Bahan
Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra
Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Mathla’ul Anwar. Banten. 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dan nilai-nilai pendidikan
pada kidung Ahsanul Qishos sebagai bahan pembejaran apresiasi sastra di SMA.
Penelitian ini menggunakan jenis atau pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode
pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan metode analisis data
menggunakan analisis isi, dengan menggunakan alur (1) Memilih dan menentukan
Kidung Hikayat Ahsanul Qishos yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah Kidung
Ahsanul Qishos karya Ahmad Toha. (2) Menerjemahkan teks Kidung Ahsanul Qishos
dari Bahasa sunda ke Bahasa Indonesia. (3) Membaca, menelaah, dan
menginterpretasi makna dan nilai pendidikan apa saja yang terdapat dalam kidung
tersebut. (4) Mencatat data berupa kata, frasa, kalimat, ungkapan, pernyataan, dan
lain-lain yang berkaitan dengan makna dan nilai pendidikan yang terdapat dalam
kidung Ahsanul Qishos. (5) Mengelompokkan data atau mengklasifikasikan data
makna dan nilai pendidikan yang terdapat dalam kidung Ahsanul Qishos. (6)
Mendeskripsikan data berdasarkan makna dan nilai pendidikan yang terdapat dalam
kidung Ahsanul Qishos. (7) Menganalisis data berdasarkan makna dan nilai
pendidikan yang terdapat dalam kidung Ahsanul Qishos. (8) Menyimpulkan hasil
analisis makna dan nilai pendidikan yang terdapat dalam kidung Ahsanul Qishos. (9)
Membuat tabulasi data mengenai makna dan nilai pendidikan dalam kidung Ahsanul
Qishos. (10) Menyusun laporan hasil penelitian. (11) Melaporkan hasil penelitian.
Kidung ini didapatkan berjumlah 20 kidung. Hasil analisis dari 20 kidung tersebut
memiliki makna yang berbeda-beda, diantranya makna leksikal yang berjumlah 8
kutipan pada beberapa kidung yang dianalisis, makna gramatikal 15 kutipan pada
kidung yang dianalisis, denotative 20 kutipan, konotatif 4 kutipan, idiom 1 kutipan,
referensial 7 kutipan, kontekstual 4 kutipan. Nilai Pendidikan yang ditemukan yakni
nilai moral, nilai sosial, nilai religius, dan nilai budaya. Hasil analisis ini dapat
dijadikan bahan pembelajaran apresiasi sastra di SMA, pada kelas X fase E kurikulum
merdeka, dengan tujuan pembelajaran menganalisis unsur pembangun hikayat. Ke
dua puluh kidung Ahsanul Qishos yang diteliti ini dapat dijadikan sebagai bahan
pembelajaran apresiasi sastra kurikulum merdeka di SMA. Sekaligus proses
pembelajaran makna dan nilai kehidupan berdasarkan nilai-nilai pendidikan yang
melekat pada kidung tersebut. Kidung tersebut termasuk kedalam hikayat yang
berbentuk syair.
Kata kunci: makna, pendidikan, bahan ajar.