Analisis makna dan nilai pendidikan pada kidung Ahsanul qishos karya Ahmad Toha serta pemanfaatannya sebagai Bahan Pembelajaran sastra di SMA
Nim : 408190036
Nama : LINA MARLINA
Prodi : Diksatrasiada
Pembimbing 1 : Trisnawati, M.Pd.
Pembimbing 2 : Henri Henriyan Al Gadri, S.Pd., M.Pd.
Tanggal : 24 Oktober 2023
Abstrak

ABSTRAK

LINA MARLINA. (2023). Analisis Makna dan Nilai Pendidikan pada Kidung

Ahsanul Qishos Karya Ahmad Toha serta Pemanfaatannya sebagai Bahan

Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra

Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas

Mathla’ul Anwar. Banten. 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dan nilai-nilai pendidikan

pada kidung Ahsanul Qishos sebagai bahan pembejaran apresiasi sastra di SMA.

Penelitian ini menggunakan jenis atau pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode

pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan metode analisis data

menggunakan analisis isi, dengan menggunakan alur (1) Memilih dan menentukan

Kidung Hikayat Ahsanul Qishos yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah Kidung

Ahsanul Qishos karya Ahmad Toha. (2) Menerjemahkan teks Kidung Ahsanul Qishos

dari Bahasa sunda ke Bahasa Indonesia. (3) Membaca, menelaah, dan

menginterpretasi makna dan nilai pendidikan apa saja yang terdapat dalam kidung

tersebut. (4) Mencatat data berupa kata, frasa, kalimat, ungkapan, pernyataan, dan

lain-lain yang berkaitan dengan makna dan nilai pendidikan yang terdapat dalam

kidung Ahsanul Qishos. (5) Mengelompokkan data atau mengklasifikasikan data

makna dan nilai pendidikan yang terdapat dalam kidung Ahsanul Qishos. (6)

Mendeskripsikan data berdasarkan makna dan nilai pendidikan yang terdapat dalam

kidung Ahsanul Qishos. (7) Menganalisis data berdasarkan makna dan nilai

pendidikan yang terdapat dalam kidung Ahsanul Qishos. (8) Menyimpulkan hasil

analisis makna dan nilai pendidikan yang terdapat dalam kidung Ahsanul Qishos. (9)

Membuat tabulasi data mengenai makna dan nilai pendidikan dalam kidung Ahsanul

Qishos. (10) Menyusun laporan hasil penelitian. (11) Melaporkan hasil penelitian.

Kidung ini didapatkan berjumlah 20 kidung. Hasil analisis dari 20 kidung tersebut

memiliki makna yang berbeda-beda, diantranya makna leksikal yang berjumlah 8

kutipan pada beberapa kidung yang dianalisis, makna gramatikal 15 kutipan pada

kidung yang dianalisis, denotative 20 kutipan, konotatif 4 kutipan, idiom 1 kutipan,

referensial 7 kutipan, kontekstual 4 kutipan. Nilai Pendidikan yang ditemukan yakni

nilai moral, nilai sosial, nilai religius, dan nilai budaya. Hasil analisis ini dapat

dijadikan bahan pembelajaran apresiasi sastra di SMA, pada kelas X fase E kurikulum

merdeka, dengan tujuan pembelajaran menganalisis unsur pembangun hikayat. Ke

dua puluh kidung Ahsanul Qishos yang diteliti ini dapat dijadikan sebagai bahan

pembelajaran apresiasi sastra kurikulum merdeka di SMA. Sekaligus proses

pembelajaran makna dan nilai kehidupan berdasarkan nilai-nilai pendidikan yang

melekat pada kidung tersebut. Kidung tersebut termasuk kedalam hikayat yang

berbentuk syair.

Kata kunci: makna, pendidikan, bahan ajar.