Nim | : | 408190025 |
Nama | : | YENI YULIANTI |
Prodi | : | Diksatrasiada |
Pembimbing 1 | : | Nanang Maulana, M.Pd |
Pembimbing 2 | : | Purlilaiceu, M.Pd. |
Tanggal | : | 24 Oktober 2023 |
Abstrak
Yeni Yulianti (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Integratif Terhadap
Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK Negeri 5
Pandeglang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Integratif pada siswa XI SMK Negeri 5 Pandeglang,. Penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen siswa kelas XI tahun
ajaran 2023/2024 dijadikan sebagai populasi. Adapun sampel yang
diambil yaitu kelas BDP1 dan BDP2 dengan jumlah 61 siswa. Teknik
sampel menggunakan Purposive sampling. Adapun hasil perhitungan
posttest dengan menggunakan model pembelajaran Integratif diperoleh
nilai Mean (????
̅) = 81.06, Median (Me) = 81.00, Modus (Mo) 80.00, Varian
= 21.596, dan Standar Deviasi = 4.647. Sedangkan perhitungan Posttes
dengan menggunakan model pembelajran Learning Togrther pengolahan
data yang diperoleh Mean (????
̅) = 73.47, Median (Me) = 74.50, Modus (Mo)
75, Varian = 15.568, dan Standar Deviasi = 3.946. Berdasarkan data diatas
dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Integratif dinyatakan baik,
sedangkan model pembelajaran Learning Together dinyatakan cukup.Dari
hasil analisis di atas dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif
penggunaan model pembelajaran Integratif terhadap kemampuan menulis
teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMK Negeri 5 Pandeglang.
Kata Kunci: Menulis, Integratif, Teks Eksplanasi.