Nim | : | 408190032 |
Nama | : | SITI LAELATUL HILALILLAH |
Prodi | : | Diksatrasiada |
Pembimbing 1 | : | Nanang Maulana, M.Pd |
Pembimbing 2 | : | Meliyawati, M.Pd. |
Tanggal | : | 24 Oktober 2023 |
Abstrak
SITI LAELATUL HILALILLAH.(2023). Analisis Stilistika Semantik pada Tulisan Alat Transportasi sebagai Bahan Pembelajaran diSMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan makna bahasa pada tulisan alat transportasi, mengklasifikasikan gaya bahasa yang digunakan pada alat transportasi, dan pemanfaatan tulisan pada alat transportasi yang dapat digunakan sebagai bahan ajar di SMA.Penelitian ini menggunakan jenis atau pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan metode studi pustakadan metode analisis data menggunakan analisis isi. Teknik analisis data melalui proses pengumpulan data, penyajian data, menganalisis data, triangulasi, dan menyimpulkan hasil penelitian. Adapun hasil dan pembahasan makna yang di teliti di atas memiliki beberapa jenis diantara lain yaitu: Nama pada tulisan alat transportasi banyak mengandung kaidah pemahaman yang dapat kita ambil seperti penggunaan bahasa-bahasa tertentu yang berdasarkan persoalan hubungan bahasa dengan makna yang dimaksud oleh pembuat tulisan tersebut, persoalan hubungan makna dengan maksud selalu menggambarkanpemikiran yang utuh. Adapun makna yang di teliti di atas memiliki beberapa jenis diantara lain yaitu: Makna tulisan jenis leksikal ini yang ditemukan peneliti berjumlah 27tulisan. Makna gramatikal pada tulisandengan jumlah 22tulisan yang dianalisis.Makna denotatifdengan jumlah 11 buah tulisan yang di analisis. Makna konotatif dengan jumlah 7 buah tulisan yang di analisis. Makna referensial dengan jumlah 23tulisan.Makna idiomdengan jumlah 5 tulisan. Makna istilah berjumlah 12 buah tulisan.Jenis gaya bahasanya yaitumeliputi: a) Pepatahberjumlah 26 tulisan; b) Metaforaberjumlah 4 tulisan; c) Asonansi17 tulisan; d) Pomeo 1 tulisan; e) Hiperbola 1 tulisan; f) Antanaklasis 2 tulisan; g) klimaks 1 tulisan; h) Retoris 2 tulisan; i) Aliterasi 16 tulisan; j) Repetisi 8 tulisan; k) Paradoks 1 tulisan; l) Personifikasi 1 tulisan; m) Retoris 2 tulisan; n) Metonimia 3 tulisan; o) Semboyan 14 tulisan; p) Antanaklasis 2 tulisan; q) ironi 1 tulisan; dan r) Bidal 4 tulisan. Jadi hasil penelitian yang dilakukandapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bahasa indonesiadi SMAmateri siswa dapat percaya diri dan mampu memahami jenis-jenis makna kata diksi dan gaya bahasa dengan benar dan kritis.
Kata kunci: makna, gaya bahasa, bahan ajar