Analisis Nilai Budaya dan Nilai Sosial pada Kidung Tradisi Arak-arakan Rujukan sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA
Nim : 408190011
Nama : NOVI AULIA
Prodi : Diksatrasiada
Pembimbing 1 : Trisnawati, M.Pd.
Pembimbing 2 : Meliyawati, M.Pd.
Tanggal : 24 Oktober 2023
Abstrak

ABSTRAK

 

Novi Aulia (2023). Analisis Nilai Budaya dan Nilai Sosial pada Kidung  Tradisi Arak Arakan Rujukan Sebagai Bahan Pembelajaran  Apresiasi Sastra di SMA.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai budaya dan nilai sosial dalam kidung tradisi arak-arakan rujukan di kampung Cipeucang serta dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran apresiasi sastra di sekolah khususnya SMA. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan  pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang memfokuskan analisis isi. Data dan sumber data pada penelitian ini berupa teks, seperti: kata, frase, kalimat, dan percakapan yang dihasilkan dari wawancara dan berkaitan dengan nilai budaya dan nilai sosial. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan uji validitas teori. Berdasarkan deskripsi hasil analisis kidung tradisi ”arak-arakan rujukan”  memuat nilai budaya, yaitu bahwa keyakinan terhadap Tuhan dapat menenteramkan hati serta kebaikan-kebaikan yang didapat. Tradisi ini memiliki nilai-nilai dan makna pendidikan, yaitu mengajarkan sikap bagaimana hubungan dengan Tuhan, hubungan dengan masyarakat atau orang lain, hubungan dengan alam, hubungan dengan dirinya sendiri. Tradisi  ini juga mengajarkan bagaimana berhubungan sosial yang baik sesama antar individu dengan individu lainnya.  

Penelitian ini direkomedasikan untuk dipertimbangkan sebagai bahan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia  guna meningkatkan kemampuan siswa dalam mengetahui nilai-nilai budaya dan nilai sosial terhadap budaya-budaya yang ada di masyarakat, khususnya tradisi dan dapat meningkatkan pengajaran sastra dan budaya di sekolah.

 

 

Kata kunci: Nilai Budaya, Nilai Sosial,Tradisi