Nim | : | 407190010 |
Nama | : | KURIYAH HASANAH |
Prodi | : | Pendidikan Matematika |
Pembimbing 1 | : | Dr. Asep Sahrudin, M.Pd |
Pembimbing 2 | : | Deni Pratidiana, M.Pd |
Tanggal | : | 24 Oktober 2023 |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII MTsN 2 Pandeglang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan video animasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Pandeglang sebanyak 40 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan Project Based Learning berbantuan video animasi dan kelompok kedua sebagai kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan video animasi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan indikator berpikir kreatif matematis yaitu menerapkan topik matematika dalam masalah kehidupan sehari-hari. Metode pengumpulan data menggunakan metode eksperimen dan teknik sampling yang digunakan adalah pusposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig = 0,004 lebih kecil dari 0,05 pada uji hipotesis. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada pokok bahasan pola bilangan menggunakan model Project Based Learning berbantuan video animasi lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menyimpilkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model Project Based Learning berbantuan video animasi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.