Analisis Jenis dan Aspek Kebahasaan Teks Eksplanasi pada Berita Online cnnindonesia.com serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar
Nim : 408190020
Nama : SITI NURAENI
Prodi : Diksatrasiada
Pembimbing 1 : Saraswati, M.Pd.
Pembimbing 2 : Purlilaiceu, M.Pd.
Tanggal : 23 Oktober 2023
Abstrak

ABSTRAK

 

Siti Nuraeni (2023). Analisis Jenis dan Aspek Kebahasaan Teks Eksplanasi pada Berita Online cnnindonesia.com serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan aspek kebahasaan teks eksplansi pada berita online cnnindonesia.com serta pemanfaatannya sebagai bahan ajar. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan  pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang memfokuskan analisis isi. Data dan sumber data pada penelitian ini berupa teks berita dari cnnindonesia.com. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan uji validitas teori. Berdasarkan deskripsi hasil analisis teks eskplanasi ini berfokus kepada jenis dan aspek kebahasaan teks eksplanasi. Jenis teks eskplanasi ada empat macam yaitu faktorial, kausal, teoritis dan sequential. Pada jenis ini akan dijelaskan hasil dan efek, penyebab, beragam kemungkinan yang terjadi serta tahapan peristiwa secara rinci. Sedangkan aspek kebahasaannya ada tiga macam yaitu kata istilah, konjungsi kausalitas dan konjungsi kronologis. Pada aspek ini akan dijelaskan gabungan kata yang akan mengungkapkan makna yang khas dalam bidang tertentu, selain itu juga akan dijelaskan beberapa konjungsi yang berkaitan dengan sebab akibat dan berkaitan dengan waktu.

Penelitian ini direkomedasikan untuk dipertimbangkan sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia  guna meningkatkan kemampuan siswa dalam mengetahui jenis dan aspek kebahasaan teks eksplanasi pada berita online cnnindonesia.com.

 

 

Kata kunci: Eksplanasi, berita, cnnindonesia.com, bahan ajar.