Nim | : | 408190024 |
Nama | : | YANI MULYANI |
Prodi | : | Diksatrasiada |
Pembimbing 1 | : | Nanang Maulana, M.Pd |
Pembimbing 2 | : | Purlilaiceu, M.Pd. |
Tanggal | : | 19 Oktober 2023 |
ABSTRAK
Yani Mulyani (408190024), 2023 Analisis Tindak Tutur Asertif dan Ekspresif Pada Gelar Wicara Indonesia Lawyers Club Edisi Januari¬ ̶̶ Februari Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMA. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mathla'ul Anwar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan data tentang Tindak Tutur Asertif dan Ekspresif pada gelar wicara Indonesia Lawyers Club edisi Januari¬ ̶̶ Februari sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah gelar wicara Indonesia Lawyers Club. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan teknik catat. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, pada video 1-8 ditemukan bentuk-bentuk tindak tutur diantaranya yaitu tindak tutur asertif ditemukan sebanyak 50 data, meliputi tindak tutur asertif menyatakan 15 data, mengusulkan 12 data, mengeluh 7 data, mengemukakan pendapat 9 data, dan melaporkan 7 data. Ditemukan 47 bentuk tindak tutur ekspresif meliputi tindak tutur ekspresif meminta maaf 4 data, mengucapkan selamat 9 data, berterima kasih 20 data, mengkritik 9 data dan memuji 5 data. Dari analisis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pada penelitian ini tindak tutur asertif menyatakan dan tindak tutur ekspresif berterima kasih lebih banyak ditemukan yaitu tindak tutur asertif menyatakan 15 data dan tindak tutur ekspresif berterima kasih sebanyak 20 data karena konteks yang terdapat pada gelar wicara Indonesia Lawyers Club adalah konteks gelar wicara berupa perbincangan atau diskusi. Pengimplikasiannya diharapkan dapat membantu peserta didik dalam (CP) Capaian Pembelajaran Elemen Menyimak yaitu peserta didik mampu menganalisis dan mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai jenis teks fiksi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar.