Analisis Struktur Fingsional dan nilai-nilai sosial pada Cerita Rakyat Pandeglang karya Sopyan Sauri serta Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Sastra di SMA
Nim : 408190006
Nama : DEWI RAHAYU
Prodi : Diksatrasiada
Pembimbing 1 : Trisnawati, M.Pd.
Pembimbing 2 : Meliyawati, M.Pd.
Tanggal : 19 Oktober 2023
Abstrak

Dewi Rahayu, 408190006 Tahun Ajaran 2023/2024. Analisis Struktur Fungsional dan Nilai-nilai Sosial pada Cerita Rakyat Pandeglang Karya Sopyan Sauri serta Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mathla’ul Anwar.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktu fungsional yang berupa situasi awal, transformasi (Tahap kecakapan, tahap utama, dan tahap kegemilangan. mendeskripsikan nilai-nilai sosial yang berupa nilaikasih sayang, nilai tanggung jawab dan nilai keserasian hidup dalam buku cerita rakyat, serta pemanfaatannya dalam pembelajaran Sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode dekriptif  kualitatif. Sedangkan, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebuah buku cerita yang berjudul Cerita Rakyat Pandeglang Karya Sopyan Sauri. Dari buku sumber tersebut terdapat 13 judul cerita rakyat dan 111 halaman, penelitian yang dilakukan yaitu hanya meneliti 7 judul yang terdapat dalam buku. Karena dengan menganlisis struktur fungsional dan nilai-nilai sosial cerita rakyat siswa dapat lebih mudah memahami karya Sastra. Analisis nilai-nilai sosial cerita rakyat telah sesuai dengan materi pembelajaran Sastra di SMA. Saran hasil penelitian ini disarankan dapat disajikan sebagai referensi bagi siswa dalam menganalisis struktur fungsional dan nilai-nilai sosial dalam Cerita Rakyat Pandeglang Karya Sopyan Sauri.