Analisis penggunaan kalimat interogatif dan imperatif pada anak usia 7-8 tahun dalam interaksi sehari-hari di desa panimbang serta pemanfaatannya sebagai bahan ajar
Nim : D08180034
Nama : EVA MAYA SARI
Prodi : Diksatrasiada
Pembimbing 1 : Trisnawati, M.Pd.
Pembimbing 2 : Sopyan Sauri, M.Pd.
Tanggal : 19 Oktober 2023
Abstrak

ABSTRAK

 

 

 

Eva Mayasari, 2023. Analisis Penggunaan Kalimat Interogatif dan Imperatif pada Anak Usia 7-8 Tahun dalam Interaksi Sehari-hari di Desa Panimbang serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar di SMA. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mathla’ul Anwar Banten.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kalimat interogatif dan imperatif pada anak usia 7-8 tahun serta pemanfaatannya sebagai bahan ajar di SMA. Sampel yang dijadikan objek dalam penelitian ini berjumlah 30 orang anak dengan usia 7-8 tahun yang berada di wilayah Desa Panimbangjaya Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang sebagai sumber data dalam penelitian adalah penggunaan tuturan kalimat interogatif dan imperatif pada anak usia 7-8 tahun. Adapun metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik rekam dan teknik catat. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini berupa mengidentifikasi jenis kalimat interogatif dan kalimat imperatif pada setiap ujaran yang dilakukan pada kegiatan interaksi anak saat bermain di Desa Panimbangjaya. Hasil penelitian menunjukan penggunaan kalimat interogatif dan imperatif pada anak usia 7-8 tahun, yaitu: a) interogatif parsial 15 tuturan, b) interogatif 10 tuturan, c) imperatif biasa 6 tuturan, d) imperatif permintaan 10 tuturan, e) imperatif pemberian izin 6 tuturan, f) imperatif ajakan 5 tuturan, g) imperatif suruhan 5 tuturan. Pemanfaatan kalimat interogatif dan imperatif pada anak usia 7-8 tahun dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA pada KD 3.2 Memahami struktur kalimat, teknik penggabungan kalimat, dan pengembangan paragraf serta menganalisisnya.