| Nim | : | 408200008 |
| Nama | : | KHOIRUNNISA |
| Prodi | : | Diksatrasiada |
| Pembimbing 1 | : | Trisnawati, M.Pd. |
| Pembimbing 2 | : | Sopyan Sauri, M.Pd. |
| Tanggal | : | 09 Desember 2025 |
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur dan kaidah kebahasaan pada kumpulan 5 naskah drama pemenang sayembara serta pemanfaatannya sebagai bahan ajar di MTs. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan struktur dan kaidah kebahasaan. Struktur intrinsik dalam kumpulan 5 naskah drama pemenang sayembara dengan judul Sobrat, Nyonya-nyonya, Ciut pas sesak pas, Festival topeng dan Roh yang meliputi tema, amanah, plot, katakter, dialog, latar, bahasa dan interpretasi. kumpulan 5 naskah drama pemenang sayembara. Tema sebanyak 5 pada 5 naskah drama. Amanah sebanyak 5 pada 5naskah drama. Plot sebanyak 5 pada kumpulan 5 naskah drama. Karakter terdapat 13 pada 5 naskah drama. Dialog terdapat 5 pada 5 naskah drama. Latar terdapat 13 pada 5 naskah drama. Bahasa terdapat 5 pada 5 naskah drama. Dan interpretasi 5 pada 5 naskah drama. Pendeskripsian kedua mnegungkapkan bahwa Analisis kaidah kebahasaan dalam kumpulan 5 naskah drama pemenang sayembara dengan judul Sobrat, Nyonya-nyonya, Ciut pas sesak pas, Festival topeng dan Roh yang meliputi Konjungsi Kronologis, Kata kerja menggambarkan peristiwa, Kata kerja yang menggambarakan suatu perasaan dan pikiran dan Menggunakan kata sifat, tokoh, tempat dan suasana. Konjungsi kronologis terdiri atas 44 pada 5 naskah drama pemenang sayembara. Kata kerja menggambarkan peristiwa terdapat 100 pada 5 naskah drama pemenang sayembara. Kata kerja yang menggambarakan suatu perasaan dan pikiran terdapat 45 pada 5 kumpulan naskah drama pemenang sayembara. Dan Menggunakan kata sifat, tokoh, tempat dan suasana terdapat 83 pada kumpulan 5 naskah drama. Penelitian ini direkomendasikan untuk dipertimbangkan sebagai bahan acuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengapresiasi karya sastra, khususnya naskah drama,serta dapat meningkatkan pengajaran sastra di sekolah.
Keywords: structure, linguistic rules, drama script, teaching materials.