| Nim | : | 408210028 |
| Nama | : | DEWI PUPITA AGUSTIN |
| Prodi | : | Diksatrasiada |
| Pembimbing 1 | : | Nanang Maulana, M.Pd |
| Pembimbing 2 | : | Meliyawati, M.Pd. |
| Tanggal | : | 01 Desember 2025 |
Dewi Puspita Agustin. (2025). Pengaruh Pendekatan Teaching at The Right Level Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Di Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Malingping.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan mengenai rendahnya keterampilan menulis, terutama menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA yang masih kesulitan dalam menuangkan gagasan ke dalam bentuk tulisan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh pendekatan Teaching at The Right Level dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Metode pendekatan ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Malingping yang berjumlah 396 siswa, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang berjumlah 72 siswa yang dipilih secara acak atau Random Sampling. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan menulis teks eksposisi. Tes yang digunakan berupa pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan: Terdapat pengaruh keterampilan menulis teks eksposisi peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan Teaching at The Right Level dan peserta didik yang belajar menggunakan Culturally Rsponsive Teaching. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yaitu dengan menggunakan Independent Samples Test diperoleh nilai sig 0,039 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan Pengaruh Pendekatan Teaching at The Right Level Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Malingping.
Kata kunci: Menulis teks eksposisi, Pendekatan Teaching at The Right Level