| Nim | : | 408210045 |
| Nama | : | RAHMAWATI |
| Prodi | : | Diksatrasiada |
| Pembimbing 1 | : | Saraswati, M.Pd. |
| Pembimbing 2 | : | Meliyawati, M.Pd. |
| Tanggal | : | 01 Desember 2025 |
Rahmawati, Nim 40821045 (2025) Pengaruh media Storyboard terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTs Kandang Palon Malingping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Storyboard terhadap kemampuan menulis teks prosedur kelas VII MTs Kandang Palon Malingping. Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan mengenai rendahnya kemampuan menulis teks prosedur pada siswa MTs yang ditandai dengan siswa kesulitan dalam menulis teks prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis siwa yang belajar menggunakan media Storyboard dengan siswa yang menggunakan media Flashcard. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Kandang Palon Malingping sebanyak 2 kelas yang dipilih secara tetap atau Total Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes kemampuan menulis teks prosedur. Tes yang digunakan berupa tes soal. Berdasarkan hasil analisis dan hasil yang diperoleh kesimpulan: Terdapat perbedaan pengaruh kemampuan menulis teks prosedur siswa yang belajar menggunakan media Storyboard dengan siswa yang belajar menggunakan media Flashcard. Kemampuan menulis teks prosedur yang memperoleh pembelajaran media Storyboard lebih baik dari pada siswa yang belajar mengguanakan media. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yaitu dengan menggunakan paired sample t test yang diperoleh dan nilai sig 0, 000< 0,05 artinya menunjukan bahwa varians antar kelas tidak sama. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan Pengaruh Media Storyboard Terhadap Kemampuan Menulis Teks prosedur Siswa Kelas VII MTs Kandang Palon Malingping.
Kata kunci: Media, Menulis, Teks Prosedur.