| Nim | : | 408190038 |
| Nama | : | SASI FITRIAWATI |
| Prodi | : | Diksatrasiada |
| Pembimbing 1 | : | Sopyan Sauri, M.Pd. |
| Pembimbing 2 | : | Henri Henriyan Al Gadri, S.Pd., M.Pd. |
| Tanggal | : | 01 Desember 2025 |
ABSTRAK
Sasi Fitriawati. 2025. Analisis Nilai Religius dan Nilai Kepahlawanan pada Novel Sangkakala di Langit Andalusia karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra sebagai Bahan Pembelajaran Berbasis TPACK di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Universitas Mathla’ul Anwar Banten.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai religius dan nilai kepahlawanan yang terkandung dalam novel Sangkakala di Langit Andalusia serta menganalisis pemanfaatannya sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis TPACK pada jenjang SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Data penelitian berupa kutipan teks novel yang mengandung nilai religius dan nilai kepahlawanan, yang kemudian dikategorikan berdasarkan indikator yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Sangkakala di Langit Andalusia mengandung berbagai nilai religius, antara lain: ketaatan kepada Allah (72 kutipan), optimisme (63 kutipan), keberanian (59 kutipan), pantang menyerah (58 kutipan), solidaritas (53 kutipan), cinta ilmu (50 kutipan), rela berkorban (49 kutipan), tanggung jawab (46 kutipan), keikhlasan (43 kutipan), percaya diri (36 kutipan), kedisiplinan (34 kutipan), kejujuran (31 kutipan), menghormati orang lain (27 kutipan), kreativitas (19 kutipan), dan toleransi (15 kutipan). Nilai kepahlawanan yang ditemukan meliputi keberanian (52 kutipan), rela berkorban (50 kutipan), solidaritas (53 kutipan), dan pantang menyerah (22 kutipan). Kedua jenis nilai tersebut sangat relevan dijadikan bahan ajar apresiasi sastra di SMA, khususnya dalam konteks Kurikulum Merdeka, karena mendukung pembentukan karakter peserta didik. Melalui pendekatan TPACK, nilai-nilai tersebut dapat diintegrasikan dengan teknologi serta strategi pedagogis yang kreatif sehingga pembelajaran menjadi lebih kontekstual, menarik, dan bermakna.