| Nim | : | 407210006 |
| Nama | : | PUTRI INDAH LESTARI |
| Prodi | : | Pendidikan Matematika |
| Pembimbing 1 | : | Eka Rosdianwinata, M.Pd. |
| Pembimbing 2 | : | Deni Pratidiana, M.Pd |
| Tanggal | : | 30 November 2025 |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran matematika melalui pendekatan Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan minat belajar siswa pada siswa di SMP 1 Menes pada materi bangun ruang sisi datar. Media Augmented Reality dipilih sebagai pendekatan inovatif karena kemampuannya menyajikan visualisasi tiga dimensi (3D) yang interaktif dan menarik, sehingga membantu siswa memahami konsep abstrak dengan lebih mudah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari siswa SMP kelas VIII yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen menggunakan media pembelajaran AR dan kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui angket minat belajar, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran AR meningkatkan minat belajar siswa secara signifikan, dengan rata-rata peningkatan nilai N-Gain sebesar 72%, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang hanya mengalami peningkatan sebesar 13%. Hal ini dapat di identifikasikan bahwa media Augmented Reality dapat menjadi solusi yang efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar.
Kata Kunci: Augmented Reality (AR), Media Pembelajaran Matematika, Minat
Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar