| Nim | : | 407210007 |
| Nama | : | QIYAMUL WUSTO |
| Prodi | : | Pendidikan Matematika |
| Pembimbing 1 | : | Asep Sujana, S.Si., M.Pd |
| Pembimbing 2 | : | Dr. Asep Sahrudin, M.Pd |
| Tanggal | : | 30 November 2025 |
Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah kemampuan literasi matematis siswa SMA dalam memahami materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Literasi matematis mencakup kecakapan dalam merumuskan persoalan, menggunakan konsep matematika, serta menginterpretasikan hasil ke dalam berbagai konteks kehidupan nyata. Kemampuan tersebut memiliki peran penting dalam mendukung keterampilan pemecahan masalah sehari-hari. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X di salah satu SMA. Instrumen yang digunakan terdiri atas tes literasi matematis serta wawancara semi-terstruktur. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa tingkat literasi matematis siswa bervariasi, di mana sebagian besar masih mengalami kesulitan dalam mengaitkan masalah kontekstual dengan representasi matematis yang tepat. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mendorong pengembangan kemampuan berpikir kritis sekaligus memperdalam pemahaman konsep matematika.