| Nim | : | 435210003 |
| Nama | : | ENENG SINTA |
| Prodi | : | Bimbingan dan Konseling |
| Pembimbing 1 | : | Muhamad Ikhsan, M.Pd. |
| Pembimbing 2 | : | Fitri Arnita,.M.Pd |
| Tanggal | : | 29 November 2025 |
Eneng Sinta. (2025). “Strategi Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem
Solving untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Kelas XI di SMA
Negeri 6 Pandeglang Tahun Ajaran 2025/2026”.
Self regulated learning merupakan kemampuan individu untuk secara aktif
mengatur proses belajarnya sendiri, mulai dari menetapkan tujuan, memilih strategi
belajar yang tepat, memantau kemajuan belajar, hingga melakukan evaluasi
terhadap proses dan hasil belajar yang telah dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui efektivitas strategi bimbingan kelompok dengan teknik problem
solving untuk meningkatkan self regulated learning siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre-eksperimental
one group pretest posttest design. Subjek diambil dengan metode purposive
sampling berjumlah 10 orang siswa dari 78 siswa kelas XI SMA Negeri 6
Pandeglang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen self regulated
learning yang dibuat oleh peneliti sendiri. Teknik analisis data menggunakan uji
wilcoxon signed test untuk melihat perbedaan kondisi self regulated learning
sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diberikan perlakuan terdapat
peningkatan yang signifikan antara skor rata-rata pretest dan posttest. Hasil nilai
rata-rata pretest sebesar 59 meningkat menjadi 100 pada saat posttest. Berdasarkan
hasil uji wilcoxon signed test diperoleh nilai signifikan atau sig=0.005 dengan kata
lain sig 0.005<0,05. Dengan demikian, strategi bimbingan kelompok dengan teknik
problem solving efektif untuk meningkatkan self regulated learning siswa Kelas XI
SMA Negeri 6 Pandeglang Tahun Ajaran 2025/2026.
Kata Kunci: Self Regulated Learning, Bimbingan Kelompok, Problem Solving