| Nim | : | 407200010 |
| Nama | : | MUHAMMAD EKA SEPTIAN |
| Prodi | : | Pendidikan Matematika |
| Pembimbing 1 | : | Dr. Asep Sahrudin, M.Pd |
| Pembimbing 2 | : | Deni Pratidiana, M.Pd |
| Tanggal | : | 28 November 2025 |
Muhamad Eka Septian (2025). Penerapan Model Pembelajaran Resource Based
Learning (RBL) untuk meningkatkan kemampuan berPikir kreatif matematis siswa
pada materi SPLDV.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif
matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Resource
Based Learning (RBL) dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model
konvensional pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jenis
penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi
experimental design) menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Panggarangan
tahun ajaran 2025/2026 dengan sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII C (32
siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E (31 siswa) sebagai kelas kontrol
yang dipilih dengan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian berupa tes uraian
kemampuan berpikir kreatif matematis yang mengacu pada empat indikator, yaitu
kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan keterincian
(elaboration). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal (pretest)
kedua kelompok relatif setara dengan nilai signifikansi uji-t sebesar 0,798 > 0,05.
Setelah diberikan perlakuan, rata-rata hasil posttest kelas eksperimen adalah 24,84
lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 22,03. Hasil uji-t independen
menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat
perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa penerapan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) lebih
efektif dibandingkan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan
berpikir kreatif matematis siswa.