| Nim | : | 435210016 |
| Nama | : | SITI MALIHAH |
| Prodi | : | Bimbingan dan Konseling |
| Pembimbing 1 | : | Vasco Delano, M.Pd |
| Pembimbing 2 | : | Devi Nurul Fikriyani, M.Pd |
| Tanggal | : | 28 November 2025 |
ABSTRAK
Siti Malihah (2025). Efektivitas Layanan Informasi Dengan Teknik Discovery Learning dalam Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah Labuan Tahun Ajaran 2025/2026.
Perencanaan karier merupakan bagian dari tugas perkembangan remaja. Namun, banyak siswa yang masih mengalami kesulitan, terutama menjelang akhir masa sekolah ketika mereka perlu mempersiapkan diri untuk masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan informasi dengan teknik Discovery Learning dalam meningkatkan perencanaan karier siswa kelas X di SMA Muhammadiyah Labuan Tahun Ajaran 2025/2026. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Pretest-Posttest Control Group. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa kelas X yang dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing terdiri atas 15 siswa yang berada pada kategori perencanaan karier rendah. Instrumen penelitian menggunakan angket perencanaan karier. Intervensi berupa layanan informasi dengan teknik Discovery Learning dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan sesuai dengan jadwal guru BK di sekolah. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan Mann-Whitney U Test. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen terdapat perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,001 < 0,05, yang berarti intervensi memberikan pengaruh nyata terhadap peningkatan perencanaan karier siswa. Pada kelompok kontrol juga terjadi perbedaan antara skor pretest dan posttest dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,001 < 0,05, namun peningkatannya tidak sebesar kelompok eksperimen. Selanjutnya, hasil uji Mann-Whitney U Test menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,004 < 0,05, yang menandakan adanya perbedaan signifikan antara hasil posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa layanan informasi dengan teknik Discovery Learning efektif dalam meningkatkan perencanaan karier siswa kelas X di SMA Muhammadiyah Labuan Tahun Ajaran 2025/2026.
Kata Kunci: Layanan Informasi, Discovery Learning, Perencanaan Karier, Siswa