| Nim | : | 407210014 |
| Nama | : | DEDE UNIAH |
| Prodi | : | Pendidikan Matematika |
| Pembimbing 1 | : | Dr. Ika Meika, S.Si., M.Pd. |
| Pembimbing 2 | : | Ika Yunitasari, M.Pd. |
| Tanggal | : | 27 November 2025 |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Berbasis etnomatematika pada materi geometri transformasi dengan menggunakan motif batik khas Pandeglang sebagai konteks pembelajaran. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep geometri transformasi serta kurangnya pemanfaatan budaya lokal dalam pembelajaran matematika. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang mencakup analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, dan penyebaran produk. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK yang terlibat dalam uji coba kelompok kecil (6 orang) dan kelompok besar (27 orang). Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, angket respon siswa. Hasil validasi menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid. Uji coba menunjukkan keefektivitasan bahan ajar dalam mendukung pemahaman konsep geometri transformasi siswa. Dengan demikian, bahan ajar Berbasis etnomatematika pada motif batik khas Pandeglang layak digunakan sebagai media pembelajaran yang kontekstual, menarik, dan efektif.