| Nim | : | 407210015 |
| Nama | : | KAMILA CAHYATI |
| Prodi | : | Pendidikan Matematika |
| Pembimbing 1 | : | Dr. Nenden Suciyati Sartika, M.Pd |
| Pembimbing 2 | : | Ika Yunitasari, M.Pd. |
| Tanggal | : | 26 November 2025 |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis siswa SMK, kurangnya pemanfaatan budaya lokal dalam pembelajaran matematika, dan keterbatasan bahan ajar kontekstual. Tujuan penelitian adalah mengembangkan bahan ajar transformasi geometri berbasis etnomatematika melalui alat musik tradisional Degung Sunda yang valid, praktis, dan mampu mendukung literasi matematis siswa SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Karya Bakti Mandiri Cisata. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli, angket respon pendidik, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria “sangat valid”, serta kriteria “sangat praktis” berdasarkan respon pendidik dan siswa. Hasil validasi ahli materi memperoleh kategori “sangat layak” dengan persentase kelayakan 90%, validasi ahli media menunjukkan kategori “sangat layak” dengan persentase 96%, validasi ahli Bahasa juga menunjukkan kategori “sangat layak” dengan persentase 98%, dan uji respon praktisi (pendidik) menunjukkan skor 96% yang termasuk kategori sangat layak. Bahan ajar berbentuk flipbook digital yang dirancang menggunakan Canva for Education ini mampu mengaitkan konsep transformasi geometri (translasi, refleksi, rotasi, dilatasi) dengan unsur budaya. Bahan ajar transformasi geometri berbasis etnomatematika Degung Sunda layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK karena valid, praktis, dan mendukung literasi matematis siswa.