| Nim | : | 435210023 |
| Nama | : | SRI OKTAVIANI |
| Prodi | : | Bimbingan dan Konseling |
| Pembimbing 1 | : | Devi Nurul Fikriyani, M.Pd |
| Pembimbing 2 | : | Muhamad Ikhsan, M.Pd. |
| Tanggal | : | 24 November 2025 |
Sri Oktaviani (2025). Strategi Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 6 Pandeglang Tahun Ajaran 2025/2026.
Motivasi belajar adalah dorongan dari dalam maupun luar diri siswa yang membuat mereka bersemangat untuk belajar, berusaha mencapai prestasi, serta mampu mengatasi hambatan dalam proses belajar. Dalam dunia pendidikan, siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi cenderung lebih aktif, disiplin, berprestasi, serta mampu memanfaatkan waktu dan kesempatan dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis pre-experiment, Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “One Group Pretest-Postest Design”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi bimbingan kelompok dengan teknik Self Management untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 6 Pandeglang Tahun Ajaran 2025/2026. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 6 Pandeglang dengan jumlah 363 orang. Sampel dalam penelitian ini 79 orang siswa yang akan diberikan angket motivasi belajar, selanjutnya dipilih yang untuk menjadi kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan bimbingan kelompok menggunakan teknik Self Management. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket motivasi belajar yang disusun oleh peneliti, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan perlakuan terdapat perbedaan skor rata-rata pretest dan posttest. Pengujian hipotesis menggunakan hasil uji T dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Dengan demikian, motivasi belajar siswa meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Self Management untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Bimbingan Kelompok, Self Management