| Nim | : | 435210009 |
| Nama | : | JULIANTI APRILIA |
| Prodi | : | Bimbingan dan Konseling |
| Pembimbing 1 | : | Vasco Delano, M.Pd |
| Pembimbing 2 | : | Devi Nurul Fikriyani, M.Pd |
| Tanggal | : | 23 November 2025 |
Stres akademik merupakan masalah yang sering dialami siswa, khususnya pada jenjang pendidikan menengah ketika menghadapi tuntutan akademik yang tinggi. Salah satu faktor penting yang dapat membantu mengurangi stres akademik adalah self-efficacy, yaitu keyakinan individu terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan tugas dan menghadapi tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan stres akademik pada siswa kelas XI di SMAN 4 Pandeglang serta implikasinya dalam layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 4 Pandeglang sebanyak 456 orang, dengan sampel 213 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa angket self-efficacy dan stres akademik yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji korelasi Product Moment (Pearson Correlation). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara self-efficacy dengan stres akademik, dengan nilai koefisien korelasi r = -0,776 dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini berarti semakin tinggi self-efficacy siswa, maka semakin rendah tingkat stres akademiknya. Temuan ini menegaskan pentingnya layanan bimbingan dan konseling, khususnya bimbingan kelompok, untuk meningkatkan self-efficacy siswa agar mampu mengelola tekanan akademik secara lebih efektif.