| Nim | : | 435210015 |
| Nama | : | ROSILAH NURFITRIAH |
| Prodi | : | Bimbingan dan Konseling |
| Pembimbing 1 | : | Vasco Delano, M.Pd |
| Pembimbing 2 | : | Fitri Arnita,.M.Pd |
| Tanggal | : | 23 November 2025 |
Perkembangan siswa tidak hanya diukur dari segi akademik, tetapi juga dari
aspek psikologis dan emosional. Salah satu aspek penting adalah Self Disclosure
(keterbukaan diri), yakni kemampuan siswa untuk mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan pengalaman pribadi kepada orang lain secara tepat. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui gambaran umum tingkat Self Disclosure siswa,
merancang layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik Assertive Training, serta
menguji efektivitas dalam meningkatkan Self Disclosure siswa kelas XI SMAN 4
Pandeglang tahun ajaran 2025/2026. Penelitian diharapkan dapat memberikan
kontribusi teoritis bagi pengembangan ilmu Bimbingan dan Konseling serta
manfaat praktis bagi Guru Bimbingan Konseling sebagai alternatif layanan untuk
meningkatkan keterbukaan diri siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode quasi
eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 4 Pandeglang yang berjumlah
456 siswa. Sampel penelitian ditentukan melalui purposive sampling sebanyak 20
siswa, terdiri atas 10 siswa kelompok eksperimen (memiliki tingkat Self
Disclosure rendah) dan 10 siswa kelompok kontrol (memiliki tingkat Self
Disclosure sedang). Instrumen penelitian menggunakan angket Self Disclosure
yang disusun berdasarkan enam aspek menurut Hargie (2011). Analisis data
dilakukan dengan teknik nonparametrik Wilcoxon Signed Ranks Test
menggunakan bantuan program SPSS versi 20.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata kelompok
eksperimen dari 74,3 (pretest) menjadi 88,5 (posttest). Uji Wilcoxon
menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis nol ditolak.
Kesimpulannya, Bimbingan Kelompok dengan teknik Assertive Training efektif
dalam meningkatkan Self Disclosure siswa kelas XI SMAN 4 Pandeglang.
Kata Kunci: Self Disclosure, Bimbingan Kelompok, Assertive Training.