| Nim | : | 408200026 |
| Nama | : | MULYA SAROH |
| Prodi | : | Diksatrasiada |
| Pembimbing 1 | : | Purlilaiceu, M.Pd. |
| Pembimbing 2 | : | Saraswati, M.Pd. |
| Tanggal | : | 22 November 2025 |
Mulya Saroh, NIM 408200026, 2025. Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi kelas X SMAN 6 Pandeglang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 6 pandeglang. Metodedalam penelitian yang digunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sempel dalam penelitian ini adalah kelas X SMAN 6 Pandeglang intrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh keterampilan mneulis teks laporan hasil observasi anatara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan siwa yang belajar dengan menggunakan model discovery learning. Keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih baik daripada siswa yang belajar dengan menggunakan model discovery learning. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t yang menunjukan hasil signifikan pada peningkatan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Kata kunci: menulis teks lapran hasil observasi, problem based learning.