| Nim | : | 435210006 |
| Nama | : | IMA SUMBIAH |
| Prodi | : | Bimbingan dan Konseling |
| Pembimbing 1 | : | Devi Nurul Fikriyani, M.Pd |
| Pembimbing 2 | : | Muhamad Ikhsan, M.Pd. |
| Tanggal | : | 20 November 2025 |
Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy (Rebt) Untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Siswa Kelas X Di Sman 4 Pandeglang Tahun Ajaran 2025/2026.
Regulasi emosi adalah kemampuan untuk mengendalikan emosi dengan memantau, mengevaluasi, dan mengubah reaksi emosi secara sesuai. Dalam dunia pendidikan, peserta didik yang mampu mengatur emosi mereka dengan baik cenderung lebih sukses dalam belajar, berinteraksi sosial, lebih tenang dalam menyikapi situasi yang muncul. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah metode ekperimen. Bentuk desain eksperimen yang digunakan adalah quasi eksperimental design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk meningktakan regulasi emosi pada siswa Kelas X SMAN 4 Pandeglang Tahun ajaran 2025/2026. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMAN 4 Pandeglang dengan jumlah 455 orang. Sampel dalam penelitian ini 82 orang siswa, selanjutnya dipilih 20 orang siswa yang memiliki regulasi emosi rendah dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan REBT dan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket regulasi emosi sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan perlakuan terdapat perbedaan skor rata-rata pretest dan posttest. Pengujian hipotesis menggunakan hasil uji T. Sig (2-tailed) adalah 0,001 < 0,05 yang berarti Ha diterima Ho ditolak. Interpretasi yang dapat disimpulkan yakni adanya perbedaan skor regulasi emosi kelas kontrol dan eksperimen. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) efektif untuk meningkatkan regulasi emosi siswa.