| Nim | : | 408210007 |
| Nama | : | IRVANNUDIN |
| Prodi | : | Diksatrasiada |
| Pembimbing 1 | : | Purlilaiceu, M.Pd. |
| Pembimbing 2 | : | Meliyawati, M.Pd. |
| Tanggal | : | 19 November 2025 |
IRVANNUDIN. (2025). Skripsi yang berjudul “Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII MTs Daarul Ulum Panyaungan” ini merupakan hasil penelitian pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mathla’ul Anwar Banten. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menyusun teks persuasi yang runtut, sistematis, dan meyakinkan. Penerapan metode Mind Mapping dianggap mampu membantu siswa memetakan ide dan gagasan secara terstruktur sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa, terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 30 siswa, dengan instrumen berupa tes esai untuk mengukur kemampuan menulis teks persuasi sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil postes menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rentang nilai 50–97 dengan mayoritas siswa (36,67%) berada pada interval 74–81 dan rata-rata 79,53, sedangkan kelas kontrol memiliki rentang nilai 53–88 dengan mayoritas siswa (36,67%) pada interval 71–76 dan rata-rata 69,43. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t, diperoleh t hitung = 4,25 lebih besar dari t tabel = 2,00 pada taraf signifikansi 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, penggunaan metode Mind Mapping berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan menulis teks persuasi siswa dan dapat direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran Bahasa Indonesia yang kreatif dan inovatif.
Kata kunci: Mind Mapping, kemampuan menulis, teks persuasi, pembelajaran Bahasa Indonesia