| Nim | : | 408210020 |
| Nama | : | TITA MALIHAH |
| Prodi | : | Diksatrasiada |
| Pembimbing 1 | : | Trisnawati, M.Pd. |
| Pembimbing 2 | : | Saraswati, M.Pd. |
| Tanggal | : | 19 November 2025 |
TITA MALIHAH. (2025). Analisis Nilai Sosial dan Pendidikan pada Novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mathla’ul Anwar. Banten. 2025.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai sosial pada novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo, mendeskripsikan nilai pendidikan pada novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo, dan pemanfaatan nilai sosial dan nilai pendidikan pada novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo sebagai bahan ajar di SMA. Penelitian ini menggunakan jenis atau pendekatan deskriptif kualitatif metode studi kepustakaan serta teknik analisis model Miles dan Huberman. Adapun langkah-langkah yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data ialah sebagai berikut: (1) menggarisi bagian yang dianggap penting, (2) menyeleksi data, (3) memberi deskripsi, (4) menarik simpulan. Hasil pembahasan yang paling dominan dari nilai sosial dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo adalah bagian kemanusiaan yakni sebanyak 23 buah kutipan. Hasil pembahasan pada analisis nilai pendidikan yang dominan terdapat pada peduli sosial dan tanggung jawab yakni sebanyak 21 kutipan. Ke dua ratus sembilan data yang diteliti ini dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bahasa dan sastra indonesia kurikulum merdeka di SMA kelas XII. Sekaligus proses pembelajaran nilai sosial dan pendidikan yang melekat pada buku novel tersebut.
Kata kunci: Nilai Sosial, Nilai Pendidikan, Bahan Ajar.
ABSTRACT
TITA MALIHAH. (2025). Analysis of Social and Educational Values in the Novel "Women Who Cry to the Black Moon" by Dian Purnomo and Its Utilization as Teaching Material in High School. Thesis. Indonesian Language, Literature, and Regional Education Study Program. Faculty of Teacher Training and Education. Mathla'ul Anwar University. Banten. 2025.
The purpose of this study is to describe the social values in the novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam by Dian Purnomo, describe the educational values in the novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam by Dian Purnomo, and utilize the social values and educational values in the novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam by Dian Purnomo as teaching materials in high school. This research uses a qualitative descriptive approach or literature study method and the Miles and Huberman model analysis technique. The steps used by the researcher in collecting data are as follows: (1) underlining parts that are considered important, (2) selecting data, (3) providing descriptions, (4) drawing conclusions. The most dominant discussion result of the social values in the novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam by Dian Purnomo is the humanitarian part, namely 23 quotes. The results of the analysis of educational values found that social care and responsibility were dominant, with 21 quotations. The 29 data points studied can be used as learning materials for Indonesian language and literature under the Merdeka Curriculum for 12th-grade high school students. They can also be used as a learning tool for the social and educational values inherent in the novel.
Keywords: Social Values, Educational Values, Teaching Materials.