| Nim | : | 435210012 |
| Nama | : | NUR FADILLAH HARTINI |
| Prodi | : | Bimbingan dan Konseling |
| Pembimbing 1 | : | Muhamad Ikhsan, M.Pd. |
| Pembimbing 2 | : | Fitri Arnita,.M.Pd |
| Tanggal | : | 19 November 2025 |
NUR FADILLAH HARTINI (2025). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok
Menggunakan Teknik Assertive Training Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa
Kelas X Di Sma Negeri 6 Pandeglang Tahun Ajaran 2025/2026.
Kepercayan diri adalah keyakinan atau rasa percaya seseorang terhadap kemampuan
diri sendiri untuk menghadapi berbagai situasi, tantangan yang dapat mempengaruhi cara
seseorang berperilaku, berkomunikasi, dan mengatasi masalah, serta berperan penting
dalam mencapai tujuan dan keberhasilan hidup. Beberapa siswa di SMA Negeri 6
Pandeglang mengalami kepercayan diri yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik assertive
training untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penelitian menggunakan metode
kuantitatif jenis quasi eksperimental design, desain yang digunakan adalah nonequivalent
control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6
Pandeglang, sampel awal sebanyak 79 selanjutnya dipilih menjadi 20 sampel yang dibagi
menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan
perlakuan dengan bimbingan kelompok menggunakan teknik assertive training dan
kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah angket kepercayaan diri sebelum dilakukan uji coba angket terdiri dari 50
pernyataan kemudian setelah dilakukan uji coba menjadi 27 pernyataan yang valid dengan
reliabilitas 0,958 sangat tinggi artinya instrumen kepercayaan diri ini reliabel. Sedangkan
teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji T. Hasil
penelitian bahwa setelah diberikan perlakuan terdapat perbedaan skor rata-rata pretest dan
posttest. Pengujian hipotesis menggunakan hasil uji T. Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang
berarti Ha diterima Ho ditolak. Interpretasi yang dapat disimpulkan bahwa adanya
perbedaan skor kepercayaan diri kelas eksperiment dan kontrol. Dengan demikian,
kepercayaan diri siswa meningkat setalah diberikan treatment berupa layanan bimbingan
kelompok. Jadi dapat disimpulkan bahwa efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan
teknik assertive training efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa.
Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Bimbingan Kelompok, Teknik Assertive Training