| Nim | : | 408210021 |
| Nama | : | TITIN SUPRIHATINI |
| Prodi | : | Diksatrasiada |
| Pembimbing 1 | : | Trisnawati, M.Pd. |
| Pembimbing 2 | : | Henri Henriyan Al Gadri, S.Pd., M.Pd. |
| Tanggal | : | 19 November 2025 |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis unsur intrinsik dan nilai
pendidikan karakter yang terkandung dalam antologi cerpen Jejak Mimpi Anak
Negeri karya Andamaru Jayantara serta mengkaji pemanfaatannya sebagai
bahan pembelajaran sastra di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Subjek
pada penelitian ini adalah antologi cerpen “Jejak Mimpi Anak Negeri" karya
Andamaru Jayantara. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik studi
pustaka. Teknik analisis datanya menggunakan teknik baca dan catat dengan
model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan
simpulan. Hasil penelitian ini ditemukan sebanyak sebanyak 368 data unsur
instrinsik dari 7 unsur meliputi 24 tema, 55 data tokoh dan penokohan, 61 data
alur, 152 data latar, 11 data sudut pandang, 32 data gaya bahasa, dan 33 data
amanat. Kemudian ditemukan ditemukan 124 data nilai pendidikan dari 8 jenis
meliputi 24 data nilai religius, 17 data nilai jujur, 17 data nilai disiplin, 16 data
nilai kerja keras, 17 nilai mandiri, 9 data nilai bersahabat, 11 data nilai peduli
sosial, dan 13 data nilai tanggung jawab. Dengan demikian analisis tersebut
dapat dijadikan sebagai bahan ajar yang tidak hanya mengasah kemampuan
literasi, tetapi juga mendukung pembentukan karakter peserta didik secara
menyeluruh di tingkat SMA dalam kegiatan pembelajaran sastra.
Kata Kunci: Cerpen, Unsur Intrinsik, Pendidikan Karakter, Pembelajaran
Sastra, SMA.