| Nim | : | D08180014 |
| Nama | : | NADIYA INDRIYANTI |
| Prodi | : | Diksatrasiada |
| Pembimbing 1 | : | Henri Henriyan Al Gadri, S.Pd., M.Pd. |
| Pembimbing 2 | : | Meliyawati, M.Pd. |
| Tanggal | : | 19 November 2025 |
Nadiya Indriyanti (2025). Pengaruh Media Video Animasi Cerita
Rakyat terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi pada Siswa Kelas 7 SMP
Negeri 2 Banjarsari Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) kemampuan menulis teks
deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banjarsari yang menggunakan media
pembelajaran berbantuan video animasi cerita rakyat; dan 2) kemampuan menulis teks
deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banjarsari yang menggunakan media
pembelajaran berbantuan gambar. Metode yang diterapkan dalam penelitian
ini adalah eksperimen, dengan populasi siswa kelas VII tahun pelajaran
2024/2025. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling,
di mana sampel diambil dari kelas VII-A dan kelas VII-B dengan total 74
siswa.
Hasil analisis post-test menunjukkan bahwa melalui penggunaan video cerita
rakyat, siswa memperoleh nilai rata-rata (Mean) sebesar 81,42, Median 80,00,
Varian 76,088, dan standar deviasi 8,723. Sementara itu, untuk kelas kontrol
yang menggunakan media gambar, nilai rata-rata (Mean) yang diperoleh
adalah 67,69, Median 68,00, Varian 92,961, dan standar deviasi 9,642. Dari
data tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbantuan video animasi
cerita rakyat menunjukkan hasil yang baik, sedangkan media gambar
diperoleh hasil yang cukup. Dengan demikian, terdapat pengaruh positif dari
penggunaan media berbantuan video animasi cerita rakyat terhadap
kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banjarsari.
Kata kunci: Media, Menulis, Teks Deskripsi.