| Nim | : | 408210019 |
| Nama | : | SYIFAURROHANIYAH AR |
| Prodi | : | Diksatrasiada |
| Pembimbing 1 | : | Sopyan Sauri, M.Pd. |
| Pembimbing 2 | : | Trisnawati, M.Pd. |
| Tanggal | : | 19 November 2025 |
SYIFAURROHANIYAH AR. (2025). Kajian Feminisme pada Film Animasi Moana dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan . Universitas Mathla’ul Anwar. Banten. 2025.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk feminisme pada film animasi Moana, mendeskripsikan bentuk ketidakadilan gender pada film animasi Moana, dan pemanfaatan kajian feminisme pada film animasi Moana sebagai bahan pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi dengan model interaktif Miles dan Huberman. Model ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Analisis dilakukan terhadap tanda-tanda visual, dialog, serta waktu adegan yang menunjukkan bentuk feminisme dalam film animasi Moana. Hasil pembahasan dari bentuk feminisme liberal sebanyak 10 data, faminisme marxis/sosial sebanyak 11 data, feminisme radikal sebanyak 7 data, feminisme kultural sebanyak 10 data, dan feminisme poskolonial sebanyak 8 data. Hasil pembahasan pada bentuk ketidakadilan gender terdapat pada marginalisasi sebanyak 8 data, subordinasi sebanyak 10 data, stereotip gender sebanyak 10 data, kekerasan berbasis gender sebanyak 9 data, dan beban ganda sebanyak 11 data. Ke sembilan puluh lima data yang diteliti ini dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran apresiasi sastra di SMA, dapat menumbuhkan kesadaran kritis, menanamkan nilai keadilan dan kesetaraan gender, serta mengajarkan siswa mengaitkan karya sastra dengan kehidupan nyata.
Kata kunci: Feminisme, Film, Bahan ajar.