| Nim | : | 435210013 |
| Nama | : | PRITA YOLANDARI |
| Prodi | : | Bimbingan dan Konseling |
| Pembimbing 1 | : | Muhamad Ikhsan, M.Pd. |
| Pembimbing 2 | : | Vasco Delano, M.Pd |
| Tanggal | : | 18 November 2025 |
PRTA YOLANDARI (2025). Strategi Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kedsiplinan Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 4 Pandeglang.
Kedisiplinan menjadi salah satu permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan, karena siswa yang memiliki kedisiplinan yang rendah sangat berpengaruh terhadap proses belajar, bukan hanya mengalami kesulitan dalam mengatur waktu akan tetapi dapat mengakibatkan menurunnya prestasi, kurangnya rasa minat dalam belajar, mengabaikan tugas-tugas
sekolah, dan lupa waktu serta kurangnya interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk meningkakan kedsiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis preeksperimental Disgn. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 4 Pandeglang sebagai siswa kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen dengan pemberian treatment bimbingan kelompok dengan teknik self management. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner/angket dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diberikan treatment terdapat perbedaan skor rata-rata pre-test dan post-test. Pengujian hipotesis menggunakan hasil uji t diperoleh Sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Interfensi yang dapat disimpulkan yakni adanya perbedaan skor kedisiplinan kelompok eksperimen. Dengan demikian dapat dimaknai bahwa bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas XI SMK Negeri 4 Pandeglang efektif atau H1 diterima dan Ho ditolak.
Kata Kunci : Kedisiplinan, Self Management, Bimbingan Kelompok.