Repository Mahasiswa - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY (CBT) DALAM MENURUNKAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA SISWA KELAS XI DI SMAN 4 PANDEGLANG TAHUN AJARAN 2024/2025
Nim : 435200008
Nama : MUWARDI NOORFATHAH
Prodi : Bimbingan dan Konseling
Pembimbing 1 : Muhamad Ikhsan, M.Pd.
Pembimbing 2 : Devi Nurul Fikriyani, M.Pd
Tanggal : 09 Desember 2024
Abstrak

Muwardi Noorfathah (2024). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) Dalam Menurunkan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Siswa Kelas XI Di SMAN 4 Pandeglang Tahun Ajaran 2024/2025.
Kecemasan berbicara adalah dimana seseorang merasa cemas, gugup dan tidak nyaman pada saat melakukan presentasi dan merasa takut jika berbicara didepan umum. Hal tersebut bisa disebabkan oleh faktor internal dalam diri sendiri, namun bisa juga disebabkan karena adanya pikiran negatif yang muncul dari pengalaman yang tidak menyenangkan pada saat melakukan presentasi, munculnya pemikiran tersebut menimbulkan perasaan takut dan cemas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive behavioral therapy untuk menurunkan kecemasan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis quasi eksperimental design. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 4 Pandeglang yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan bimbingan kelompok menggunakan teknik cognitive behavioral therapy dan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket kecemasan berbicara yang disusun oleh peneliti sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan perlakuan terdapat perbedaan skor rata-rata pretest dan posttest. Pengujian hipotesis menggunakan hasil uji T. Sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Interpretasi yang dapat disimpulkan yakni adanya perbedaan skor kecemasan berbicara kelas kontrol dan eksperimen. Dengan demikian dapat dimaknai bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Kata Kunci : Kecemasan Berbicara, Bimbingan Kelompok, Cognitive Behavioral Therapy

  1. mahjong ways gacor
  2. agen link gacor
  3. demo slot
  4. pg soft gacor
  5. situs toto
  6. link slot gacor
  7. situs slot gacor
  8. slot online gacor
  9. slot resmi
  10. link gacor terbaik
  11. slot gacor resmi
  12. situs gacor hari ini
  13. situs gacor hari ini
  14. slot maxwin
  15. slot maxwin
  16. rtp live