Nim | : | 435200009 |
Nama | : | RESTI RAHAYU |
Prodi | : | Bimbingan dan Konseling |
Pembimbing 1 | : | Muhamad Ikhsan, M.Pd. |
Pembimbing 2 | : | Muhamad Ikhsan, M.Pd. |
Tanggal | : | 08 Desember 2024 |
Resti Rahayu (2024). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling untuk Meningkatkan Self-Efficacy Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Saketi Tahun Ajaran 2024/2025.
Kemampuan yang di miliki seseorang ditentukan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu self-efficacy dan sangat penting bagi siswa karena menyangkut kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan terhadap dirinya untuk menggapai tujuan yang diinginkan. Permasalahan yang terdapat beberapa siswa di SMP Negeri 2 Saketi yang memiliki tingkat self-efficacy yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan self-efficacy siswa kelas VIII di smp negeri 2 saketi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis Quasy eksperimental Disgn. Populasi dari penelitian ini yaitu SMP Negeri 2 Saketi dengan sampel 28 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok ekspreimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen dengan pemberian treatment bimbingan kelompok teknik modelling, teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan treatment terdapat perbedaan skor Mean (rata-rata) pre-test sebelum diberikan treatment 66,79 dan Mean (rata-rata) post-test setelah diberikan treatment 86,50 dengan sig 0,00< 0,05 yang artinya Ha diterima Ho ditolak, dengan demikian self-efficacy siswa meningkat setelah diberikan treatment berupa layanan bimbingan kelompok. Jadi dapat disimpulkan bahwa efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling efektiv untuk meningkatkan self-efficacy siswa.
Kata kunci: Self-Efficacy, Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling